Tips Pergi ke Tempat Wisata Bersama Anak di Masa Pandemi

                             Tips Pergi ke Tempat Wisata Bersama Anak di Masa Pandemi


Tips Pergi ke Tempat Wisata Bersama Anak di Masa Pandemi
https://pixabay.com/id/photos/bandar-udara-pelancong-orang-bisnis-731196/

Tak sedikit orang tua yang mungkin mempunyai anak yang usianya masih di sekolah dasar dan lebih aktif dari kebanyakan anak-anak lain seusianya. Ini memberikan kemungkinan lebih sulit mengatur anak-anak tersebut ketika ingin mengemas barang jika ingin pergi ke tempat wisata selama pandemi COVID-19 belum berakhir. Terkadang anak-anak juga sulit mematuhi protokol kesehatan yang diberlakukan.

Nah bagi moms yang ini pergi ke tempat wisata bersama si kecil, simak tips berikut ini jika ingin pergi ke tempat wisata bersama anak-anak di masa pandemi tetap aman:

1. Barang-barang yang dibawa harus dalam keadaan bersih

Yang harus mencatat yaitu barang-barang yang dibawa untuk pergi ke tempat wisata harus dalam keadaan bersih. Barang-barang yang biasa dibawa untuk pergi ke tempat wisata bersama anak yaitu diantaranya:

·         Tas yang berisi barang-barang yang diperlukan oleh anak

·         Mainan

·         Makanan

·         Peralatan makan

·         Pakaian ganti yang disesuaikan dengan kebutuhan

·         Multivitamin

·         Masker

·         Hand sanitizer

·         Face shield

Barang-barang yang tertera tersebut bisa ditambahkan atau dikurangi sesuai dengan apa yang dibutuhkan selama di tempat wisata.

2. Usahakan selalu membersihkan barang dengan hand sanitizer

Jika anak Anda membawa berbagai mainan seperti kontrol atau smartphone, sebaiknya alat-alat tersebut dibersihkan dengan desinfektan terlebih dahulu. Jangan lupa juga untuk membersihkan tangan anak anda sebelum bermain. Apalagi jika permainan tersebut digunakan bersama anak-anak lain, maka usahakan setiap anak menggunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah memainkannya.

Hand sanitizer yang bagus digunakan untuk anak yaitu hand sanitizer yang mudah dikantongi dan dibawa oleh anak kemana-mana serta memakaikan anak dengan pakaian yang bahannya tidak mudah menyerap cairan dan mudah dibersihkan.

3. Menggunakan penutup wajah

Penutup wajah di sini berbeda dengan masker. Penutup wajah bukan barang sekali pakai. Tetapi bentuk wajah juga harus rajin dibersihkan setidaknya setiap 4 sampai 5 jam sekali. Adapun cara membersihkan penutup wajah bisa dilakukan dengan lap yang sudah disemprotkan alkohol atau hand sanitizer.

4. Menyediakan kotak P3K

Kita memang tidak mau anak terluka, tetapi kita tetap harus berjaga-jaga membawa kotak P3K yang kecil dan ringan serta bisa dibawa ke mana-mana agar Anda sebagai orangtua merasa lebih aman dan nyaman ketika pergi ke tempat wisata bersama anak-anak selama masa pandemi COVID-19. Usahakan untuk membawa kotak P3K standar untuk berjaga-jaga apabila terjadi sesuatu seperti kecelakaan atau cedera. Isi kotak P3K tersebut seperti kain kasa, plester sederhana, alkohol dan betadin.

5. Tetap mentaati protokol kesehatan

Ketika berpergian ke mana pun terutama ke tempat wisata, anak juga harus diimbau untuk tetap mentaati protokol kesehatan seperti mengenakan masker dan penutup, rajin mencuci tangan di air yang mengalir atau menggunakan hand sanitizer serta menjaga jarak. Serupa dengan anak remaja lainnya, anak yang masih berada di sekolah dasar juga pastinya senang bermain dengan kawan-kawannya.

Oleh sebab itu orang tua diharapkan lebih sigap pada saat bepergian ke tempat wisata jika ingin mengajak teman-teman anak, berilah pengertian kepada mereka apabila mereka harus tetap mentaati protokol kesehatan. Apabila selama di perjalanan yang tidak terlalu jauh maka usahakan untuk tidak minum atau makan di kendaraan umum. Tempat duduknya juga harus bersama keluarga bila memungkinkan serta jangan sampai membuka masker sembarangan.

Demikianlah beberapa tips pergi ke tempat wisata bersama anak selama masa pandemi. Semoga bermanfaat!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Pergi ke Tempat Wisata Bersama Anak di Masa Pandemi"

Posting Komentar